MUSLIM TUNA SEJARAH (MTS)

“Seorang petani menemukan telur elang yang diletakkan bersama-sama dengan telur ayam untuk dierami ayam betina, telur-telur yang menetas tersebut akirnya menetas dan tumbuhlah anak-anak ayam dan elang bersama-sama didalam sebuah kandang ayam yang tertutup, seumur hidupnya anak elang tersebut tidak pernah melihat elang dan menyadari dirinya hanyalah seekor ayam yang “buruk rupa” karena fisik dan sifatnya yang berbeda dengan ayam-ayam lainnya sehingga elang tersebut tumbuh dan besar dengan kelemahan fisik, sifat rendah diri serta berangan-angan menjadi ayam normal.”
Cerita diatas tentulah hanya cerita karangan yang cukup tepat menjelaskan kondisi muslimin saat ini, muslim yang tuna sejarah, muslim yang kehilangan identitasnya sebagai sosok elang karena tumbuh besar di lingkungan ayam dan tidak pernah tau identitas aslinya. Lihatlah muslimin saat ini yang bukannya bercita-cita menjadi sosok besar muslimin terdahulu (elang) seperti Rasulullah sallallahu alaihi wassalam, Abubakar Asshidiq, Umar Bin Khattab, Ali Bin Abu Thalib, Utsman Bin Affan Thariq Bin Ziyad, Muhammad Al-Fatih, Zubair Bin Awwam, Abubakar Asshidiq, Umar Bin Khattab, Ali Bin Abu Thalib, Amr Bin Ash, dan sangat banak tokoh muslimin lainnya, Justru muslimin saat ini mengidolakan tokoh-tokoh ayam khayalan seperti Rambo, Spiderman, Superman, dsb. Seluruh tokoh fiksi hasil hayalan otak-otak ayam saat ini. Semua itu tidak lain karena muslimin saat ini tidak paham sejarah, tidak kenal dengan Rasululla salallahu alaihi wassalam, para khulafaurrasyidin, sahabat dan toko-tokoh besar Islam lainnya. Maka jadilah kita elang yang merasa menjadi ayam yang buruk rupa.
Sebuah ironi tercipta ketika umat ini dalam jumlah yang mayoritas tapi tertindas, pernahkah kalian melihat sekumpulan elang yg dijajah dan ditindas oleh sekumpulan ayam? Mustahil bukan? Ini tidak mungkin terjadi kecuali elang-elang tersebut telah dicuci otaknya menjadi elang yang bermental “ayam buruk rupa”. Lihatlah situasi saat ini ketika elang-elang bermental “ayam buruk rupa” dihancurkan dan ditindas oleh mayoritas ayam-ayam di luar sana. Sungguh kejadian-kejadian ini tidak mungkin terjadi di masa-masa awal munculnya agama Islam, saat itu muslimin yang minoritas tapi diakuti dan dihormati oleh kawan dan lawannya, muslimin bagaikan elang yang gagah perkasa, dengan Izzah yang kuat karena menjadi hamba Allah SWT. Menjadi kaum yang terbaik yang berjalan diatas jalan yang benar, jalan yang dituntun Oleh Allah SWT dan Rasulnya Muhammad salallahu alaihi wassalam.
Lantas sekarang apa yang harus dilakukan muslimin? Tetap dengan mental ayamnya? Dan mati di penggorengan dengan bumbu ayam kremes dan sambal terasi? Tentu seorang muslimin yang pikirannya seat tidak akan memili jalan itu. Kembalilah mempelajari dan mempraktekan ajaran Al-Qur’an dan Sunna Rasulullah salallahu alaihi wasallam dan pelajari sejarah! Karena sejarah adalah identitas yang tidak bisa dilepaskan dari kaum muslimin, kaum terbaik dimata Allah SWT, kaum yang memimpin dunia 1400 Tahun lamanya. Mari mulailah kembali mempelajari sejarah agama ini dengan, disini saya akan memberikan beberapa tautan (video dan audio) yang bisa menjadi langkah awal kita dalam memperlajari sejarah.
Saya sangat merekomendasikan ceramah dari Ust. Budi Azhari (Pakar Sejarah Islam dari Indonesia), kalian bisa mengikuti kumpulan ceramahnya di YouTube dan website-website lainnya. [https://www.youtube.com/results?search_query=ust+budi+ashari+] Sebagai pembuka dan motivasi awal, tontonla video berikut [https://www.youtube.com/watch?v=Kd8VC1HRb-U]
Mempelajari sejarah Islam tentunya harus dimulai dengan sejarah/ Sirah Rasulullah salallau alaihi wassalam, berikut link ceramah (audio) Ust. Kalid Basalamah Tentang Sirah Nabawi [http://pakdenono.com/ceramah_islam_mp3/Khalid-Basalamah/Sirah-Nabawiyah.htm] dan dilanjutkan dengan sirah para sahabat [http://pakdenono.com/ceramah_islam_mp3/Sejarah-Sahabat-Nabi.htm]
Serangkaian video yang dibuat oleh Jihad At-Turbany dari bukunya The Great 100 akan membuka cakrawala kita tentang 100 Tokoh-tokoh terbesar dalam agama Islam, sudah sepantasnya muslimin berhenti dibohongi oleh sejarah-sejarah palsu yang dibuat kaum salibis. Mayoritas Muslimin mengenal Barbarosa sebagai tokoh antagonis dalam film The Pirates of Caribean, tokoh tersebut aslinya adalah seorang pahlawan muslimin yang bernama Kairuddin Barbarosa. Maka saya sangat merekomendasikan untuk menonton video- video dari Jiahd At-Thurbani [https://www.youtube.com/channel/UCTYbjpIZZoeHcmzaHF9R4sQ] untuk mengetahui sejarah yang benar dari toko-tokoh agung umat ini.

Dan masih banyak sumber-sumber lainnya yang dapat dijadikan rujukan dalam mempelajari kembali sejarah umat ini, sebagai elang yang “salah asuhan” sudah sepantasnya kita banyak belajar dari leluhur kita elang-elang yang gagah berani, sehingga kita bisa kembali menjadi elang yang sesungguhnya, menjadi umat terbaik dengan izzah dan harga diri yang tinggi karena kita adala hamba Allah SWT yang berjalan diatas kebenaran.

Posted in Uncategorized | Tagged , , , , , , , | Leave a comment

tempat jual es pisang ijo enak di kota palu

Lama gak nulis lagi, sekarang saya sudah 2 tahun pindah dari jogjah ke kota palu:)

kali ini mau berbagi info seputar kuliner, sebagai manusia normal yang tinggal di kota panas sangat manusiawi kalau saya jadi pecinta es, nah beda dengan jogjah yang punya segudang penjaja kuliner dengan harga murah dan rasa wah, di kota palu kondisinya masih sangat memprihatinkan. menemani sang istri yang juga pecinta es mulailah kita berburu lokasi penjual es yang enak, dari beberapa referensi alhamdulilah nemu juga beberapa lokasi yang recomended dan sejak dulu jadi langganan kita seperti, es sop buah  di samping kantor gubernur jalan sam ratulangi, es kacang manado yang top ada di warung sedap malam, jl.sedap malam, pisang ijo ada di jalan kartini samping pom bensin kartini (sayangnya sekarang sudah pindah entah kemana). lumayan misah-misah atara satu tempa ke tempat lain, jadi kalo si istri lagi ngidam es kacang dan saya pengen sop buah jadilah kita harus pindah dari satu tempat ke tempat lainnya untuk ngikutin selera “kampung tengah” a.k.a perut😀

SONY DSC

es pisang ijo

SONY DSC

Es kacang merah manado

 

 

 

 

 

 

 

 

 

nah baru-baru ini kita nemu tempat baru yang recomended, nampaknya baru aja, namanya kedai es haus pooolll…. lokasi di jalan basuki rahmat samping mesjid Darun Naim dekat perempatan ngurah rai. beruntungnya di kedai ini ada ketiga jenis es favorit kita (es pisang ijo, es kacang manado dan es sop buah) *thanks god:), rasanya oke punya nih, dengan harga 10 ribuan, porsinya bikin kenyang dan haus menghilang.  untuk saya pribadi yang paling recomende es pisang ijonya nih, walaupun penjualx bukan asli orang sulawesi selatan tapi rasa es pisang ijonya menteeeeppp!!! *thumbs up* , tapi yang ga doyan es pisang ijo wajib nyobain es kacang merah manado dan sop buahnya juga, rasanya bikin nagih. hahaha…..

pamit lah saya jadi ngiler sendiri jadinya😀

Posted in Kuliner | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Beda Pengetahuan dengan Keimanan

Image

Kemaren siang iseng-iseng nonton rodja tv, acaranya tentag seorang ustadz yang sedang memberikan tausiyah, normal seperti pengajian pada umumnya. tapi kali ini ada nasehat/perkataan yang cukup “nancep” ke otak. nah intisari dari yang beliau sampaikan adalah:” iman itu berbeda dengan pengetahuan, kalau kita tau tentang surga dan neraka tapi kita tidak melaksanakan hal-hal yang dapat membawa kita masuk kedalam surga, atau menjauhi perbuatan yang menyeret kita kedalam neraka berarti itu hanya sebatas pengetahuan, bukan keimanan! kalau kita tau halal dan haram tapi kita masih dengan entengnya bermaksiat dan malas beribadah berarti itu bukan keimanan, tapi hanya pengetahuan.”

sekilas nampak sederhana perkataan beliau, tapi coba direnungi lebih dalam. benarkah kita sudah beriman, bukannya orang yang beriman dijanjikan pasti masuk kedalam surgaNYA. ato jangan-jangan kita cuma tau saja, sebatas ilmu pengetahuan dan tidak terhitung sebagai keimanan?

THINK AGAIN!

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment

Selamat Berjuang Italia!… be the next king of Europe

Image

ntar malam final antara italia vs spanyol dalam perhelatan pila eropa 2012, semoga italia berhasil mendapatkan gelar kedua mereka sebagai juara piala eropa 2012.

good luck italia!.. be the next king of europe 2012.

Posted in Uncategorized | Tagged , | Leave a comment

cara solder/sambung pipa tembaga (pipa ac)

nah berhubung saya baru belajar solder pipa/ sweat joined maka rasanya saya belum kompeten untuk ngasih tips dalam solder pipa. tulisan ini hanya untuk mengingatkan diri sendiri aja, suatu saat ketika saya bisa solder pipa dengan baik maka saya harus menuliskanx dalam postingan ini. so… see me next time. semoga dalam 1-2 hari ini saya berhasil menyolder pipa dg baik.:)

Update: percobaan hari kedua
Akhirnya bisa juga bikin sambungan solder/brazzing yg baik. Dri 10percobaan kurang lebih ada 6 sambungan yg baik.
nah ternyata jenis sambungan pipa ada 2 cara: solder dan brazzing.
soldering menggunakan kawat solder berwarna silver yg mirip dengan tenol u solder elektronika, tetapi kawat solderx lebih tebal dan lebih keras. Aplikasi solder lebih mudah dari brazzing karena titik lelehx lebih rendah akan tetapi kekuatanx lebih rendah dari brazzing. Kawat solder lebih sulit ditemukan di pasaran.
brazing menggunakan kawat las yg berbentuk batang berwarna tembaga kekuning-kuningan. Aplikasi brazzing lebih sulit karena membutuhkan temperatur leleh yg lebih tinggi sehingga dibutuhkan api torch yg lebih panas dan stabil. Kekuatan brazzing lebih tinggi daripada soldering. Kawat las brazzing banyak ditemukan dipasaran dah dijual di toko sparepart ac.

Video cara brazzing dan soldering banyak ditemukan di youtube, search aj dg keyword:
“How to soldering copper pipe”


“How to brazzing copper pipe”

Oh iya untuk memudahkan proses soldering/brazzing ada beberapa hal yg penting u dilakukan:
1. Amplas permukaan yg akan disambung sampai bersih, baik pipa dan bag dalam fittingx
2. Berikan flux solder pada permukaan yg akan disambung
3. Panaskan permukaan sampai permukaan pipa merah menyala (flux pada permukaan pipa akan tampak terbakar dan mengering, tunggu sampai flux berubah dari kering menjadi cair seperti air bening yang mendidih)
4. Panaskan kawat las  lalu berikan flux, stetelah itu panaskan lagi sampai nampak seperti akan meleleh.
5. tempelkan kawat las, prose soldering yang baik akan menghasilkan kawat las yg cair dan terserap langsung ke permukaan pipa yang disambung.
5. Sebaiknya lakukan soldering/brazzing dalam satu langkah.
Sekian dulu update infox. Semoga bermanfaat.

Posted in Uncategorized | 6 Comments

Toko sparepart ac di jogja

3 hari muter2 jogja dan browsang-browsing sana sini akhirnya nemu juga toko spare part ac di jogja.
Sebelumnya sempet dapat pipa tembaga di beberapa toko dengan harga yg beda banget, yg satu murah yg satunya lagi mahal benjutt… tapi di toko tersebut ga jual fitting, neeple, dan sparepart ac lainnya.
Tadi siang akhirnya nemu juga lokasi tlko sparepart ac.x, mnurut saya harganya sudah cukup murah. So buat temen2 yang nyari sparepart dan peralatan ac semacam pipa, fitting, neeple, sight glass, kepala las, solder filler, sampe kompressor ac juga ada.
Oke langsung aja ke lokasinya. Nama MILBA, tokonya kecil sktr 3x6m. Tempatnya di jalan kusumanegara, kalo ga salah sekitar 4rmh disebelah kirinya pom bensin kusumanegara.
Barusan beli pipa tembaga 5/8″ 32.500/m. Padahal hari sebelum beli pipa ukuran itu dapet 71.000/m di toko cahaya logam depan kantor esia deket tugu.
Ada referensi lagi tempat beli pipa tembaga yg lurus (sebatang panjangx 5.8m) kemaren beli ukuran 1/4″ 90.000/batang. Dan 3/8″ 140.000/batang. Di toko ini sayangnya ga bisa beli meteran. Nama tokonya djoe hap Deket jogjatronik.
Oke sekian dulu infonya. Ciao..

Denger2 di jl.kadipaten lor juga ada ad toko spare part ac. namanya korona ac. setelah disurvey ternyata ga lengkap.

ada satu lagi toko spare part dekat kusumanegara, nama tokonya lupa, alamatnya jl.sultan agung no.123, disitu sekalian dengan bengkel ac dll. sepertinya cukup lengkap.

Posted in Uncategorized | Tagged , , | 3 Comments

Proud To be Muslim

Proud To be Muslim

sumber: http://vet-elianoor.deviantart.com/art/I-am-proud-to-be-muslim-141912976

Image | Posted on by | Tagged , , , | Leave a comment

Islam akan menjadi yang terbesar

Image

barusan nontoh acara “Khazanah” di trans7 apa trans tv tadi subuh. dan baru tau kalo ternyata menururut survey dari sebuah lembaga, tingkat pertumbuhan umat muslim didunia berkembang sangat pesat.
saking pesatnya menurut survey tersebut pada tahun 2048 Prancis akan menjadi negara muslim, dan Jerman menyusul pada tahun 2048. wowwww….. subhanallah…

masih ada satu kabar mencengangkan lainnya, ternyata berdasarkan survey juga, Pakistan akan menjadi negara dengan jumlah umat muslim terbesar didunia pada tahun 2020 menggeser posisi indonesia. subhanallah…. semoga kualitas umat muslim diseluruh dunia semakin meningkat seperti peningkatan kuantitasnya. amin ya rabb…

Posted in Uncategorized | Tagged , , | Leave a comment

Quote

: “If your photographs aren’t good enough, you’re not close enough.”
(Robert Capa)

Quote | Posted on by | Leave a comment

Pagi Kedua

masih dalam rangka memaksakan diri untuk konsisten menulis setiap habis shubuh, ahhh padahal tadinya sudah nyaman banget untuk melanjutkan tidur……. konsisten! konsisten!

OK, jadi pagi ini kita akan membahas tentanggg….

..

..

..

..

*buntu*

*sumpeh ngantuk banget*

nah… gini aja deh, aku mau ngasih buku yang sangat recomended buat suka dan sedang belajar komposisi fotografi. judulnya: LEARN TO SEE CREATIVELY (BRYAN PETTERSON)

buku ini banyak mengulas tentang cara melihat dan mengkomposisi foto dengan menarik dan kreatif. so buat yang bener-bener pengen memperbaiki kemampuan fotografinya. silahkan atuh sok..didonlot dan dipelajari buku ini.:)

Image

bisa didonlot disini nih: http://avaxhome.ws/ebooks/artbook/0817441816.html

semoga linknya masih pada aktif, kalo ternyata dah mate, ya silahkan usaha cari2 di forum dsb. worthed kok! ini buku bagus banget!:)

Aside | Posted on by | Tagged , , , , | Leave a comment